Bentuk dan Ciri Galaksi

Bentuk dan Ciri Galaksi – Galaksi adalah sedikit lokasi di angkasa yang menarik di perbincangkan. Bahkan, ilmu Astronomi modern sekalipun, belum mampu menjelaskannya secara lengkap. Atas dasar itulah, Kami pun mencoba untuk menjelaskannya secara singkat. Semoga sedikit memenuhi dahaga Anda tentang Antariksa.

Pengertian Galaksi adalah kumpulan benda langit yang berdekatan. Yang didalamnya berisi bintang-bintang dengan berbagai ukuran. Semua benda langit ini beredar secara sistematis. Akibat peredaran ini, muncullah gaya tarik menarik diantara benda-benda tersebut. Yang disebut gaya gravitasi.

Nah, agar pemahaman kita tentang definisi Galaksi lebih kuat, berikut ini kami jelaskan juga, tentang bentuk beserta ciri-cirinya. Dari sini nantinya, bisa anda bedakan antara Galaksi, Gugusan atau bintang-bintang itu sendiri. Silahkan disimak dengan seksama. Semoga ada manfaatnya untuk dialektika keilmuan kita.

Bentuk Galaksi

Menurut para pakar Astronomi, bentuk Galaksi terbagi menjadi tiga macam. Yaitu, bentuk Elips, Spiral dan bentuk tak beraturan. Bentuk-bentuk ini bisa terlihat, dengan menggunakan Teropong Bintang ber-tekhnologi tinggi. Dari hasil pengamatan, bisa disimpulkan, jumlah Elips mendominasi bentuk galaksi.

  1. Elips

Galaksi bentuk Elips merupakan bentuk Galaksi yang paling buram. Namun, sekilas saja terlihat seperti lingkaran. Dan ada juga yang terpantau seperti bola pipet. Galaksi bentuk Elips tidak jelas, karena didalamnya minus materi.

  1. Spiral

Galaksi bentuk Spiral terbagi menjadi dua bagian. Yaitu, bentuk Bulger dan di bagian center terdapat bentuk Lengan Spiral. Galaksi yang berbentuk ini didominasi oleh kolaborasi ratusan bintang. Baik bintang muda-tua yang terhimpun dalam gugusan berbentuk bola. Karena perputaran bintang ini sangat cepat, bentuk Galaksi terlihat pipih.

  1. Tak Beraturan

Galaksi bentuk tak beraturan, adalah Galaksi yang tidak memiliki bentuk tertentu. Posisinya berdekatan dengan Galaksi kita. Yaitu, Galaksi Bima Sakti. Galaksi bentuk tak beraturan ini, didominasi oleh bintang yang terbentuk dari materi gas dan debu-debu. Salah satu bintangnya adalah Awan Magelan kecil.

Baca Juga :

Ciri-Ciri Galaksi

Galaksi memiliki ciri-ciri tertentu. Menurut pakar Astonomi, terdapat kurang lebih 4 ciri-ciri Galaksi yang terlihat dari pengamatan. Ini Dia ciri-ciri tersebut yaitu:

  1. Sumber cahaya dihasilkan oleh Galaksi itu sendiri.
  2. Jarak antar Galaksi bisa mencapai jarak jutaan cahaya
  3. Galaksi terlihat berseberangan dengan Galaksi Bima Sakti
  4. Galaksi memiliki bentuk khusus.

Itulah bentuk dan ciri-ciri Galaksi yang perlu Anda ketahui. Sebuah materi Astronomi yang layak untuk dipelajari dengan serius. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa meningkatkan dialektika anda tentang alam semesta. Sebuah tempat maha luas nan tak bertepi.

Updated: Januari 24, 2019 — 2:01 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme