Ciri-Ciri dan Contoh Komunis

Ciri-Ciri dan Contoh Komunis – Pernah marak di Indonesia beberapa puluh tahun silam, komunisme merupakan suatu Paham atau ideologi yang lebih mementingan kepentingan umum atau bersama daripada kepentingan individu.

Berbeda dengan ideology lainnya, paham komunis ini memiliki beberapa ciri khusus, sebagaimana contoh berikut ini:

  • Cenderung ateis

Penganut paham ateis cenderung mengedepankan logika dan tidak mempercayai tuhan. Bagi mereka, keberadaan agama dianggap akan mempengaruhi pola pikir seseorang dan orang yang beragama dianggap lebih mengandalkan doa daripada usaha.

  • Pemerintah adalah pemegang kekuasaan tertinggi

Memegang prinsip bahwa kepentingan umum berada di atas kepentingan pribadi, paham komunis ini menjadikan pemerintah, yang mengurusi kepentingan rakyat bersama, sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Karena itulah, segala sesuatu milik rakyat berada dalam kekuasaan pemerintah.

Hal ini dapat dilihat pada Kore Utara di mana rakyat biasa hanya diperbolehkan terlibat dalam kegiatan ekonomi skala kecil sementara kegiatan ekonomi skala besar dipegang oleh pemerintah.

  • Hanya ada satu partai

Demi menghindari adanya perbedaan ideologi, kepemerintahan komunis hanya memperbolehkan adanya satu partai dalam system politiknya, yaitu Partai Komunis sendiri.

Karena itulah, masyarakat tidak memiliki pilihan lain selain mengikuti partai tersebut. Sistem inilah yang terjadi di Republik Rakyat Cina yang masih menerapkan system satu partai. Karena itu pula, tak seorang pun yang memiliki hak untuk protes saat Xi Jinping memimpin lebih dari dua periode kepresidenan.

  • Manusia bukanlah individu

Tidak menganggap kepentingan individu, system kepemeritnahan komunis hanya menganggap manusia sebagai masyarakat dalam jumlah yang banyak atau majemuk, bukan sebagai seorang individu. Karena itulah, usaha individu untuk membuatnya terlihat berbeda dan lebih unggul dari masyarakat lainnya tidak akan dianggap.

Berdasarkan ciri-ciri yang tersebut di atas, kita dapat lebih mudah mengenali adanya paham komunis di sekitar kita atau negara mana yang masih mempertahankan paham komunis dalam pemeritnahannya.

Baca Juga :

Pada masa awal munculnya komunis, paham komunis ini dapat ditemukan di Uni Soviet, negara-negara di Eropa Timur, dan Afrika. Namun, semenjak runtuhnya Uni Soviet, hanya ada lima negara yang masih menganut system ini, di antaranya ialah Cina, Kuba, Korea Utara, Laos, dan Vietnam.

Updated: Januari 25, 2019 — 3:28 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme