Fungsi dan Manfaat Satelit

Fungsi Satelit

1/Sebagai Satelit Militer

Adalah sebuah satelit telekomunikasi atau satelit yang berfungsi untuk memonitor kondisi Bumi yang dibutuhkan oleh tentara gabungan di Bumi.

2/Sebagai Satelit Kecil

Adalah satelit berukuran super kecil yang berfungsi untuk diterbangkan di ruang angkasa. Contohnya adalah Satelit Mini (500 s/d 2000 Kg) atau Satelit Mikro (10 s/d 200 Kg), dan Satelit Nano (dibawah 10 Kg), tugasnya adalah untuk mampu bekerja sama mencapai tujuan masing – masing dengan satelit lainnya yang diluncurkan ke orbit masing – masing melalui dukungan roket. Yang mampu menciptakan satelit kecil ini adalah negara – negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia, Perancis, dan China saat ini memiliki stasiun untuk mendorong satelit ke orbit masing – masing.

3/Sebagai Satelit Astronomi

Tugasnya adalah mengamati gerak planet – planet, bintang, dan objek – objek lainnya di angkasa raya, contohnya adalah Satelit Hubble yang sukses memfoto objek bernama ‘Red Rose Nebula’.

4/Sebagai Satelit Komunikasi

Tugasnya adalah untuk tujuan telekomunikasi, pancaran radio, dan juga terhadap televisi yang memanfaatkan frekuensi dari gelombang mikro.

5/Sebagai Satelit Pantau Bumi / ‘GPS Satellite’

Tugasnya adalah untuk ‘navigasi’ dan ‘pabrikasi’ peta, tanda – tanda masa radio yang memberitahukan dan mengizinkan masing – masing ‘user’ atau konsumen mengenal dan mengetahui tentang lokasi dimana petugasnya berada via sistem GPS.

6/Sebagai Satelit Cuaca

Tugasnya adalah untuk mencatat lalu menyampaikan informasi tentang kondisi cuaca dan iklim pada permukaan Bumi dan sekitarnya. Stasiun Angkasa dalam hubungannya dengan ini adalah sebuah gedung besar yang memberikan izin manusia hidup dengan aman di angkasa lepas. Stasiun ini memiliki desain khusus yang eksklusif sehingga memungkinkan didiami oleh manusia selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun dengan aman seperti halnya mereka sedang berada di Bumi.

Baca Juga :

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami berikan kepada para pembaca yang baik hati tentang pengertian, jenis – jenis, fungsi, dan contoh satelit, semoga bermanfaat !

Updated: Desember 5, 2018 — 12:45 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme