Fungsi Pendidikan Orang Tua

Fungsi Pendidikan Orang Tua – Yang dimaksud dengan pendidikan dalam hal ini adalah hal – hal terkait wajib diutamakan oleh para orangtua di rumah. Dimana saat ini masyarakat sudah perduli dan menyadari betapa pentingnya menyediakan dan memberi pendidikan terbaik untuk anak – anak mereka sejak usia dini. Maka dari itu dijelaskan bahwa orang tua tetap memegang peranan cukup penting di dalam memberikan bimbingan yaitu di dalamnya termasuk mendampingi anak – anak menjalani kehidupan sehari – hari mereka di rumah maupun dalam pergaulan sosial di masyarakat.

Selain dibantu oleh tim guru, sudah merupakan sebuah kewajiban bagi para orang tua guna menciptakan sebuah lingkungan tempat tinggal yang bersifat ‘kondusif’ kepada anak – anak sehingga para orang tua ini mampu mengenal dan memahami dengan cara memancing keluar emosi dan potensi anak – anak berhubungan dengan tingkat kecerdasan dan rasa percaya diri. Juga sekaligus memantau tahap perkembangan anak – anak serta kebutuhan mereka dalam mewujudkan pengembangan potensi diri terhadap masing – masing tahapan untuk tingkat kecerdasan.

Seperti dijelaskan di atas, ada banyak cara yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak – anak untuk pencapaian hal – hal terkait di atas baik itu yang bersifat formal maupun non formal.

Pendidikan formal tak sebatas memberikan dan mengarahkan kepada anak – anak tentang ilmu pengetahuan dan kehalian yang di dapat melalui bangku sekolah saja juga pendidikan non formal sangat penting untuk diberikan dengan menanamkan tata nilai serba luhur atau ahlak mulia, norma – norma dan cita – cita serta tingkah laku dan aspirasi dari bimbingan para orang tua di rumah masing – masing.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan peran / fungsi orangtua dalam hal pendidikan anak – anak mereka di sekolah maupun di rumah, antara lain :

  1. Fungsi pendidikan orang tua yang berhubungan dengan cara mengontrol waktu belajar dan bagaimana cara anak – anak belajar.
  2. Fungsi pendidikan orang tua yang berhubungan dengan pantauan perkembangan terhadap kemampuan akademik anak – anak.
  3. Fungsi pendidikan orang tua yang memantau proses perkembangan kepribadian anak – anak mencakup sikap, moral, serta tingkah laku anak – anak bersangkutan.
  4. Fungsi pendidikan orang tua yang memantau efektifitas jam belajar saat mereka ada di sekolah.

Nah selain hal – hal yang kami jelaskan tersebut di atas, ada beberapa hal lainnya yang patut mendapatkan perhatian khusus yaitu turut serta membantu anak – anak dalam mengenali diri sendiri terkait dengan kekuatan dan kelemahan, membantu anak – anak dalam mengembangkan potensi berdasarkan bakat dan minatnya masing – masing, membantu meletakkan pondasi yang kokoh guna keberhasilan hidup anak – anak sekaligus membantu mereka merancang hidup di masa depan.

Baca Juga :

Para orang tua dan sekolah adalah dua unsur terpenting yang saling berhubungan dan mempunyai keterkaitan yang cukup kuat satu dengan yang lainnya.

 

Updated: November 19, 2018 — 4:30 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme