Pengertian Dan Jenis Gelombang

Bukanlah persoalan mudah untuk membahas mengenai Pengertian dan jenis gelombang, mengapa ? Karena gelombang adalah merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran Fisika dimana pada umumnya ilmu ini agak rumit untuk dipahami namun melalui artikel ini kami mencoba untuk menjelaskan dengan ringkas sehingga memudahkan untuk para siswa / wi guna memahaminya.

Sebagaimana diketahui bersama – sama bahwa gelombang terkait dengan ilmu Fisika tersebut di atas adalah merupakan jenis – jenis yang identik dengan gelombang mekanik atau ‘elektromagnetik’ dimana masing – masing mempunyai definisi dan rumus yang benar – benar mesti dimengerti terlebih dahulu barulah mudah untuk memahaminya.

Pengertian Dari Gelombang

Ditemukannya alat – alat pengirim dan penerima informasi tak lepas dari pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan dorongan teknologi yang di masa depan semakin maju dan canggih. Alat – alat untuk mengirim dan menerima informasi ini mempunyai cara kerja tersendiri dimana tanpa disadari erat berhubungan dengan kebiasaan hidup makhluk hidup di Bumi ini dalam lautan gelombang. Contohnya adalah sinar matahari, gelombang radio, suara – suara bising di jalan raya, dan apa – apa saja yang anda dengar / lihat melalui suara dan perantara cahaya. Meskipun ada banyak contoh, hanya sedikit saja gelombang yang bisa terlihat oleh mata telanjang manusia misalnya gelombang laut dan gelombang diam dari senar gitar.

Nah berdasarkan atas ulasan tersebut di atas, anda dapat membuat sebuah definisi mudah dan praktis yang menggambarkan tentang makna dari gelombang itu apa ?

Pengertian Gelombang adalah sejenis getaran yang memiliki gerakan merambat dan bisa dirasakan atau dipandang sebagai suatu gerakan perpindahan ‘momentum’ dari sebuah titik pada sebuah ruang ke titik lainnya tanpa melakukan perpindahan.

Atau pengertian ringkas dari gelombang adalah sebuah titik yang terdapat dalam suatu ruang menuju ke titik yang lainnya tanpa adanya perpindahan atau gerakan – gerakan yang merambat pada / melalui suatu medium.

Jenis – Jenis Gelombang

Berdasarkan atas arah rambat dan getarannya maka jenis – jenis gelombang terdiri atas beberapa bagian antara lain :

1. Gelombang Longitudinal

Yang dimaksud dengan gelombang ‘longitudinal’ adalah salah satu jenis gelombang yang memiliki arah gangguan sejajar dengan arah penjalarannya. Contohnya adalah gelombang bunyi dalam sebuah pegas arah vertikal dibagian bawah yang bertegangan dengan dibuat ber’osilasi’ ke atas dan ke bawah pada sebuah ujung maka akan tercipta sebuah gelombang longitudinal yang berjalan pada sepanjang pegas yang dimaksud.

2. Gelombang Transversal

Yang dimaksud dengan gelombang ‘transversal’ adalah salah satu jenis gelombang dengan disertai gangguan yang memiliki sifat tegak lurus arah penjalaran. Contohnya adalah gelombang cahaya dimana diketahui bahwa gelombang jenis ini identik dengan gelombang listrik dan gelombang medan magnet yang memiliki bidang tegak lurus kepada arah penjalaran.

Demikian kami menjelaskan, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca yang baik hati.

Updated: Januari 7, 2019 — 6:10 am
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme