Pengertian Dan Jenis – Jenis Gaya Fisika

Seperti halnya kategori ilmu – ilmu Fisika pada umumnya, kali ini kami akan membahas tentang pengertian dan jenis – jenis gaya Fisika melalui artikel ini dengan maksud agar para siswa / wi mudah dalam mengerti dan memahami.

Untuk lebih jelasnya, maka anda bisa menyimak langsung artikel tersebut di bawah ini.

Pengertian Gaya Fisika merupakan sebuah interaksi alam terhadap apapun yang menyebabkan sebuah benda bermassa akan mengalami perubahan – perubahan gerak, baik itu terhadap bentuk arah, maupun ‘konstruksi geometris’.

Gaya akan menyebabkan sebuah objek dengan massa tertentu mampu mengubah kecepatannya untuk bergerak atau melakukan ‘akselerasi’ dari kondisi diam. Masing – masing gaya mempunyai besaran / ‘magnitude’ dan arah / tujuan sehingga gaya mampu menonjolkan kuantitas ‘vektor’ dengan menggunakan pengukur gaya berdasarkan atas Satuan Internasional / SI bernama Newton dilambangkan dengan huruf N. Sedangkan untuk gaya sendiri dilambangkan dengan simbol F.

Hukum Newton secara garis besar menjelaskan tentang gaya ‘resultan’ yang memiliki sistem kerja terhadap sebuah benda adalah seimbang dengan laju terutama ketika momentumnya mengalami perubahan terhadap waktu. Apabila massa objek bersifat konstan maka Hukum Newton akan menjelaskan bahwa percepatan objek akan mengalami kondisi yaitu perbandingan lurus terhadap gaya yang akan bekerja pada objek dengan arah searah dengan gaya yang dimaksud.

Gaya Fisika memiliki 2 kategori yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh.

Jenis – Jenis Gaya Fisika

Secara garis besar jenis – jenis gaya Fisika terbagi ke dalam 2 gaya yaitu :

1. Gaya Otot

Yang dimaksud dengan gaya otot adalah salah satu jenis gaya yang biasa dilakukan oleh makhluk hidup yang memiliki otot di dalam tubuh mereka masing – masing. Gaya ini muncul sebagai akibat adanya koordinasi dari struktur otot di dalam rangka tubuh. Termasuk ke dalam kategori gaya sentuh, contohnya adalah : seseorang sedang mengangkat batu, dimana agar berhasil mengangkatnya maka otot di dalam tubuh melakukan koordinasi sehingga mereka mampu bergerak terutama pada tangan guna mengangkat batu.

2. Gaya Pegas

Merupakan salah satu jenis gaya yang dihasilkan oleh sebuah pegas. Gaya pegas di dalam istilah Fisika disebut juga sebagai gaya ‘lenting pulih’ yang terjadi karena memiliki sifat – sifat keelastisan dari sebuah benda. Gaya pegas termasuk ke dalam gaya sentuh karena pegas yang dimaksud dapat memapat atau merenggang alias mudah dibentuk dan akan kembali ke posisi semula.

Baca Juga :

Contoh gaya pegas adalah seorang pemanah sedang menarik anak panahnya ke belakang. Busur pada panah akan mengikuti arah busur yang sedang ditarik. Setelah anak panah dilepaskan maka busur panah akan kembali ke posisi semula.

Demikian kami menjelaskan tentang definisi dan jenis – jenis gaya Fisika, semoga bermanfaat !

Updated: November 24, 2018 — 4:04 am
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme