Pengertian, Dan Jenis – Jenis RNA (Ribosa Nucleid Acid)

Salah satu unsur genetik lainnya yang terkandung di dalam sebuah sel selain DNA adalah RNA. Nah melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian, dan jenis – jenis RNA ‘Ribosa Nucleid Acid’ di dalam tubuh mahkluk hidup terutama yang berhubungan dengan inti sel baik itu sel – sel ‘Prokariotik’ atau sel – sel ‘Eukariotik’ dimana yang mengandung sel – sel Eukariotik terdapat zat Asam Nukleat berupa DNA dan RNA.

Seperti dijelaskan di atas, inti sel – sel mahkluk hidup baik itu yang terdiri dari sel – sel Prokariotik dan Eukariotik mengandung zat Asam Nukleat berupa DNA dan RNA. Namun pada beberapa kelompok virus sangat jarang dijumpai virus yang memiliki DNA apalagi RNA haruslah mengkhusus.

Maka dari itu pada beberapa kasus serupa fungsi RNA menjadi sama dengan fungsi DNA baik itu dari sisi materi genetik ataupun dalam hubungannya dengan cara mengatur kegiatan sel – sel di dalam tubuh.

Pengertian RNA adalah sebuah hasil ‘transkripsi’ dari sebuah ‘fragmen’ DNA, sehingga RNA itu sendiri merupakan hal – hal yang bersifat ‘Polimer’ memiliki ukuran jauh lebih pendek apabila dibandingkan dengan DNA.

Berikut ini kami akan memberikan secara singkat saja terkait dengan definisi RNA tersebut di atas tentang jenis – jenis RNA adalah sebagai berikut :

Dikenal ada 3 jenis RNA yaitu RNA Duta / RNA-d, RNA Transfer / RNA-t, dan RNA Ribosom / RNA-r. Di bawah ini akan kami berikan masing – masing pengertian tentang ketiga jenis RNA adalah :

1). RNA-d atau Duta

Yang dimaksud dengan jenis ini adalah RNA yang memiliki fungsi sebagai media pembawa informasi yang bersifat genetis. RNA-d memiliki tugas ibarat sebuah cetakan dalam fungsi membentuk ‘Polipeptida’ dengan cara mengatur tahapan – tahapan / urutan dari zat Asam Amino menuju ke Polipeptida yang hendak disusun.

RNA-d dalam istilah medis dikenal dengan nama ‘Kodon’. Alasan kedua zat ini dihubungkan ke dalam kelompok jenis RNA-d adalah karena membawa kode – kode genetik berupa urutan Basa Nitrogen dan sekaligus berfungsi sebagai cetakan untuk bisa malalui proses mensintesis Protein.

2). RNA-r atau Ribosom

Jenis RNA ini sangat mudah ditemukan dalam sel – sel ‘Ribosom’ dimana RNA yang dihasilkan oleh gen – gen khusus, banyak dijumpai pada ‘Kromatin’ di dalam ‘Nukleus’.

3). RNA-t atau Transfer

RNA-t memiliki fungsi sebagai pembentuk Kodon dari RNA-d tersebut di atas dan sekaligus bermanfaat sebagai pengikat zat Asam Amino yang tersusun rapi hingga menjadi Protein di dalam Ribosom. Pada jenis ini ditemukan bab – bab yang berfungsi sebagai antikodon berafiliasi dengan Kodon dan bab – bab lain guna mengikat lebih besar zat Asam Amino.

Baca Juga :

Nah melalui penjelasan singkat dari kami tersebut di atas dapat diberikan kesimpulan bahwa RNA / Asam Ribonukleat merupakan genetis yang dihasilkan oleh DNA dan tersusun rapi dari molekul – molekul gula, ‘Ribusa’, gugus ‘Fosfat’, dan Asam Nitrogen dimana masing – masing zat tersebut berfungsi sebagai unsur atau media pembawa genetis guna mengatur acara sel – sel.

Demikianlah klarifikasi ringkas tentang apakah yang dimaksud dengan RNA ? Sehingga anda mampu memberikan informasi yang diperlukan oleh pembaca yang baik hati. Apabila terdapat sebuah kesalahan dalam bentuk isi atau tulisan, mohon untuk dikoreksi.

Updated: Oktober 29, 2018 — 1:59 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme