Pengertian dan Jenis Konflik

Pengertian dan Jenis Konflik – Konflik dianggap pemicu rusaknya ketenangan bertetangga. Bahkan, konflik dinyatakan sebagai penghancur keakraban berbangsa.

Padahal, tidak semua konflik ber-konotasi negatif. Karena konflik pemikiran justru bagus dipertontonkan oleh masyarakat,

Kerancuan ini, disebabkan oleh paradigma berpikir yang sempit, ketika mentafsirkan konflik. Konflik hanya diartikan, sebagai pertengkaran ujaran yang menjurus pertengkaran fisik. Pada satu sisi, anggapan ini benar dan terbukti dalam sejarah.

Tetapi di sisi lain, ada distorsi pemikiran yang timpang. Bukankah Indonesia merdeka, karena konflik Founding Father yang saling mempertengkarkan pikiran?

Pengertian Konflik

  1. Konflik Menurut Pandangan Umum

Konflik adalah proses yang dinamis. Proses ini ada sangkut pautnya dengan persepsi individu. Maka dari itu, ketika dua orang dihadapkan pada masalah. Yang satu akan mem-persepsi-kannya sebagai konflik. Sedangkan satunya lagi tidak.

  1. Konflik menurut Para Ahli.

Menurut Robbins, konflik adalah proses yang bermula dari persepsi negatif. Yang mana persepsi ini dianggap akan memengaruhi dirinya. Pada pengertian ini, persepsi positif tidak menjadi konflik. Justru ia dianggap sebagai pujian bukan hinaan.

Sedangkan menurut Alabaness, definisi konflik berbeda. Beliau beranggapan kalau konflik adalah suatu situasi yang dialami oleh kedua belah pihak. Di dalam situasi ini muncul pertentangan-pertentangan, yang coba dijadikan pertengkaran demi mempengaruhi satu sama lain.

Artinya, jika yang dipertengkarkan adalah pikiran, maka disebut konflik pikiran. Jika yang bertentangan adalah keluarga, maka disebut konflik keluarga.

Jenis-Jenis Konflik

Jenis-jenis konflik sangat banyak. Namun, secara garis besar, pemetaannya digolongkan menjadi 4. Yaitu,

  1. Konflik Intra individu

konflik intra individu adalah konflik individu. Yang terjadi akibat persepsi diri sendiri, atas apa yang dialami.

  1. Konflik Antar Individu

Konflik antar individu adalah pertentangan-pertentangan yang dialami dua orang. Akibat adanya persepsi sebagian yang lain berbeda dengan yang lainnya. Dan dikhawatirkan akibat pertentangan tersebut, akan terjadi saling mempengaruhi diantara mereka.

  1. Konflik Antar Kelompok

Konflik antar kelompok adalah, konflik yang terjadi antara kelompok satu dengan kelompok lain. Konflik ini bersifat kolektif. Artinya konflik yang melibatkan banyak manusia.

  1. Konflik Organisasi

Konflik organisasi adalah konflik yang terjadi di dalam suatu organisasi. Konflik organisasi bisa terjadi, apabila di dalam organisasi terdapat perbedaan persepsi. Bisa menyoal sistem kerja. Bisa juga karena besar gaji yang tidak merata.

Baca Juga :

Itulah pengertian dan jenis konflik. Dari sini seharusnya kita sudah mengetahui, apa sesungguhnya konflik tersebut. Maka dari itu, Semoga kita bisa memaknai konflik dengan bijak, agar resolusi-nya tercapai dengan baik.

Updated: Januari 27, 2019 — 2:13 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme