Pengertian Dan Jenis Pidato

Pengertian Dan Jenis Pidato – Jika kalian pernah mengikuti suatu acara diluar, pasti kalian pernah melihat seseorang dalam memberikan sambutan dari gagasan / ide orang tersebut terkait dengan acara yang sedang diselenggarakan.

Hal itu disebut dengan pidato, biasanya kalian pernah melihat seseorang berpidato pada saat acara – acara tertentu seperti pelepasan siswa, upacara 17 agustus, peresmian perusahaan, dan lain sebagainya.

Agar kalian dapat lebih mengetahui lebih jauh terkait dengan pidato, maka pada artikel ini kalian akan lebih memahami mengenai pengertian dan jenis pidato, berikut penjelasannya:

Pengertian Pidato

Pengertian Pidato merupakan keterampilan bicara seseorang dalam menyampaikan suatu gagasan ataupun pemikiran suatu hal untuk di informasikan kepada orang banyak dengan adanya susunan yang baik direncanakan, maupun tidak direncanakan.

Jenis Pidato

Berikut adalah jenis-jenis pidato berdasarkan sifat dari isi pidato yang disampaikan:

  1. Pidato pembukaan

Pidato yang disampaikan oleh seseorang secara singkat untuk membuka suatu acara sebelum acara tersebut dimulai.

  1. Pidato pengarahan

Pidato yang disampaikan oleh seseorang dengan tujuan dalam memberikan arahan kepada khalayak pada pertemuan tersebut.

  1. Pidato sambutan

Pidato yang biasanya di sampaikan oleh orang-orang penting terkait dalam acara tersebut secara bergilir dengan tujuan untuk memberikan sambutan yang sesuai.

  1. Pidato peresmian

Pidato yang disampaikan oleh seseorang yang berwenang untuk meresmikan sesuatu.

  1. Pidato laporan

Pidato yang disampaikan oleh seseorang dalam melaporkan hasil dari suatu tugas ataupun kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya.

  1. Pidato pertanggungjawaban

Pidato yang disampaikan oleh seseorang dalam melaporkan pertanggungjawaban terkait dari suatu tugas ataupun kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya.

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berpidato di depan umum, namun sebenarnya ini sangat peting dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi kita di masyarakat luas. Ketika kita memiliki kemapuan untuk berpidato, maka itu akan menjadikan nilai tambah untuk kita di dunia sosial.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan jenis pidato, semoga bagi kita yang telah memahaminya, khususnya bagi yang ingin melakukan pidato di depan umum, dapat bermanfaat bagi kita semua.

Updated: Februari 11, 2019 — 3:47 am
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme