Pengertian, dan Sumber Pencemaran Air

Pengertian, dan Sumber Pencemaran Air – Anda pernah melihat air sungai keruh dan ketika dicium airnya berbau? Itu artinya, sungai tersebut sudah tercemar. Bisa dipastikan, jika bukan karena sungai terlalu dangkal. Dibantarannya pasti penuh dengan sampah.

Jika air sudah tercemar, manusia sudah tidak bisa memanfaatkannya. Jangankan untuk diminum, untuk mencuci saja sudah tidak bisa. Karena kuman yang menempel pada baju, malah membuat baju semakin kotor dan gatal saat dipakai di badan.

Walaupun begitu, masih banyak orang tidak memahaminya. Seenaknya saja membuang sampah ke sungai. Padahal, itu merugikan dirinya. Bahkan sangat berbahaya karena bisa menimbulkan banjir. Nah, agar kebiasaan buruk yang bisa mencemarkan air ini, tidak terjadi lagi. Kami akan menjelaskan tentang pengertian dan sumber pencemaran air.

Pengertian Pencemaran Air

Pencemaran air adalah semua tindakan yang membuat zat air mengalami kerusakan. Ciri-cirinya adalah air yang bening berubah keruh dan berbau. Ketika dicelup dengan tangan, terlihat beberapa hewan kecil seakan berenang didalamnya. Hewan kecil itulah yang berbahaya ketika masuk ke dalam tubuh manusia.

Efek pencemaran air tidak terasa saat ini juga. Tetapi ketika sudah difungsikan menjadi kebutuhan sehari-hari. Efek yang paling sering terjadi adalah sakit perut, muntaber hingga gatal-gatal pada kulit.  Dan ini tidak langsung terjadi. Melainkan beberapa hari setelahnya.

Sumber Pencemaran Air

Sumber pencemaran air adalah benda-benda tertentu yang bisa menghilangkan zat pembersih air. Benda-benda yang harus dijauhkan dari sungai, selokan dan saluran air lainnya. Jika dimungkinkan, benda ini diamankan dengan cara dibakar. Karena kalau dikubur tetap akan merusak air di dalam tanah.

  1. Sampah

Sampah adalah sumber pencemaran air yang pertama. Ketika sampah sudah busuk, dia akan mengeluarkan zat racun yang berbahaya. Jika sampah ini dibuang ke sungai, tentu zat nya akan menyatu dengan air.

  1. Limbah

Limbah adalah hasil dari proses ekstraksi benda. Biasanya, limbah ini dihasilkan oleh pabrik-pabrik. Jika limbah ini dibuang ke sungai, tentu sungai akan penuh dengan zat berbahaya. Sehingga sungai menjadi kotor dan berbau.

  1. Manusia

Manusia juga bisa dibilang sumber pencemaran air. Tentunya jika ia selalu membuang sampah ke sungai. Atau pemilik pabrik yang tidak memiliki sistem pengolahan limbah. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut sekarang.

Itulah pengertian dan sumber pencemaran air. Semoga ini menjadi motivasi bagi Anda, untuk tetap menjaga air mengalir dengan tenang dan nyaman. Toh ini juga demi kebaikan Anda dan anak cucu di kemudian hari.

Updated: Januari 29, 2019 — 2:41 am
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme