Pengertian Distribusi

Pengertian Distribusi – Istilah “distribusi” sudah sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, terlebih lagi dalam urusan usaha atau pemasaran, baik dalam skala kecil maupun skala besar. Hal ini dikarenakan kegiatan distribusi ini memilikin peran penting dalam manajemen pemasaran sendiri.

Tanpa adanya distribusi, stok suatu produk tidak akan tersedia atau produk tersebut tidak akan sampai ke tangan konsumen. Meskipun sering digunakan, istilah distribusi sendiri terkadang masih asing untuk beberapa pihak. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa pengertian distribusi.

Pengertian Distribusi Berdasarkan KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata distribusi dapat diartikan sebagai penyaluran (pembagian, pengiriman) kepada beberapa orang atau ke beberapa tempat.

Dalam artian lain, distribusi juga dapat dimaknai sebagai pembagian barang keperluan sehari-hari (terutama dalam masa darurat) oleh pemerintah kepada pegawai negeri, penduduk, dan sebagainya. Berdasarkan kedua definisi di atas, istilah distribusi dapat disimpulkan sebagai kegiatan penyaluruan suatu barang dari satu pihak kepada satu atau beberapa pihak lain.

Pengertian Distribusi Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi distribusi yang dikemukakan beberapa ahli yang berbeda. Pengertian pertama dikemukakan oleh Soekartawi yang menyatakan bahwa distribusi merupakan aktivitas menyalurkan atau mengirimkan barang dan jasa supaya sampai hinga konsumen akhir.

Pengertian yang serupa juga dikemukakan oleh Assauri yang menyatakan bahwa distribusi merupakan kegiatan memindahkan produk dari sumber ke konsumen akhir dengan saluran distribusi pada waktu yang tepat.

Definisi lain yang lebih detail dikemukakan oleh Basu Swastha distribusi tidak hanya menyalurkan produk ke konsumen saja tapi melainkan merupakan saluran pemasaran oleh pembuat produk untuk mengirimkan produknya ke industri atau juga ke konsumen.

Pengertian Distribusi Secara General

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa distribusi merupakan kegiatan penghubung antara produsen dan konsumen. Kegiatan ini bertujuan untuk untuk menyalurkan produk dari produsen yang diteruskan ke industry penengah lalu ke konsumen.

Dalam prosesnya, kegiatan distribusi ini melibatkan produsen, konsumen, industri, dan tentunya distributor yang bertugas menyalurkan barang atau jasa tersebut.

Updated: Januari 31, 2019 — 7:06 am
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme