Pengertian, Jenis dan Tujuan Bela Negara

Pengertian, Jenis dan Tujuan Bela Negara – Informasi tentang definisi bela negara merupakan informasi yang erat hubungannya dengan bidang pelajaran PPKn yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bisa membantu menambah wawasan tentang apa yang dimaksud dengan bela negara !

Secara garis besar definisi dari bela negara dalam hal ini adalah merupakan sebuah konsep mengenai sifat – sifat patriotisme terhadap seseorang atau seluruh komponen di dalam suatu negara yang tersusun sedemikian rupa sebagai sebuah perangkat perundangan dengan petinggi negara di dalamnya untuk rangka mempertahankan tentang kedaulatan / eksistensi negara yang bersangkutan.

Secara mengkhusus yang dimaksud dengan bela negara adalah merupakan sebuah tekad yang wajib direalisasikan melalui sikap – sikap dan perilaku warga negara dengan dijiwai oleh rasa cinta kasih terhadap negara kesatuan Republik Indonesia berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 untuk keberlangsungan hidup masing – masing warga dalam berbangsa dan bernegara secara utuh dan jelas.

Jenis – Jenis Bela Negara

Berdasarkan atas sifatnya, Jenis bela negara dapat dibedakan menjadi 2 bagian antara lain :

  1. Secara fisik adalah suatu upaya untuk mempertahankan sebuah negara di dalam menghadapi serangan fisik atau dikenal dengan istilah ‘agresi’ terhadap pihak – pihak yang mengancam tentang keberadaan negara yang bersangkutan.
  2. Secara non fisik adalah sebuah upaya untuk tujuan turut serta memajukan bangsa dan negara melalui lembaga – lembaga pendidikan dengan cara memperbaiki moral dan sosial serta kemampuan untuk mengadakan peningkatan di bidang kesejahteraan orang – orang di dalamnya guna kelancaran dalam menyusun sebuah bangsa bersangkutan menjadi bangsa yang membanggakan.

Tujuan  Bela Negara :

  1. Untuk dapat mempertahankan sebuah kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.
  2. Untuk mampu mempertahankan kelangsungan hidup dari berbangsa dan bernegara.
  3. Untuk bisa menjaga ‘integritas’ dan ‘identitas’ berbangsa / bernegara.
  4. Untuk mampu mempertahankan tentang kedaulatan berbagsa.
  5. Untuk mampu melestarikan tentang budaya bangsa sendiri.
  6. Untuk mampu menjalankan tentang nilai – nilai
  7. dan UUD 1945 dan berbuat terbaik bagi bangsa dan negara.

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Satelit

Updated: Desember 26, 2018 — 12:57 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme