Pengertian, Sejarah dan Fungsi Blog

Pengertian, Sejarah dan Fungsi Blogituseo.web.id – Blog telah menjadi bagian integral dari budaya online.

Hampir semua orang membaca blog sekarang, baik blog berita “resmi” yang terkait dengan media berita tradisional, blog berbasis topik yang terkait dengan karya atau hobi seseorang, atau blog semata-mata untuk hiburan, hampir semua orang yang Anda tanyakan memiliki setidaknya satu blog favorit.

Tetapi itu tidak selalu demikian.

Blog memiliki sejarah yang relatif singkat, bahkan jika dibandingkan dengan sejarah internet itu sendiri.

Pengertian, Sejarah dan Fungsi Blog

Pengertian, Sejarah dan Fungsi Blog

Blog adalah jenis situs web yang terdiri dari entri yang dikenal dengan sebutan “posting” yang muncul dalam urutan kronologis terbalik dengan entri terbaru muncul pertama, mirip dalam format ke jurnal harian.

Blog biasanya menyertakan fitur seperti komentar dan tautan untuk meningkatkan interaktivitas pengguna. Blog dibuat menggunakan perangkat lunak publishing khusus.

Istilah “blog” adalah mashup dari “log web.” Variasi istilah:

  • Blogging: Tindakan menulis posting untuk blog
  • Blogger: Seseorang yang menulis konten untuk blog
  • Blogosphere: Komunitas online dari blog dan blogger

Dunia Sebelum Blogging

Ada suatu masa ketika internet hanyalah alat informasi. Di awal kehidupan World Wide Web, situs web adalah interaksi satu sisi yang sederhana.

Seiring berjalannya waktu, internet menjadi lebih interaktif, dengan pengenalan situs-situs berbasis transaksi dan belanja online, tetapi dunia online tetap satu sisi.

Itu semua berubah dengan evolusi Web 2.0 — web sosial — di mana konten buatan pengguna menjadi bagian integral dari dunia online. Hari ini, pengguna mengharapkan situs web menyediakan percakapan dua arah, dan blog lahir.

Munculnya Blog

Links.net diakui sebagai situs blog pertama di internet, meskipun istilah “blog” tidak ada ketika Justin Hall, seorang mahasiswa, membuatnya pada tahun 1994 dan menyebutnya sebagai homepage pribadinya.

Baru pada tahun 1997 istilah “weblog” diciptakan. Penciptaan kata tersebut telah dikaitkan dengan Jorn Barger, dari Blog Wisdom awal yang berpengaruh. Istilah ini dibuat untuk mencerminkan proses “Logging web” saat dia menjelajah.

1998 menandai contoh pertama yang diketahui dari sebuah blog di situs berita tradisional, ketika Jonathan Dube membuat blog Hurricane Bonnie untuk The Charlotte Observer.

“Weblog” disingkat menjadi “blog” pada tahun 1999 oleh programmer Peter Merholz. Baru lima tahun kemudian Merriam-Webster mengumumkannya sebagai kata-kata untuk tahun tersebut.

Blog asli diperbarui secara manual, sering ditautkan dari beranda pusat atau arsip. Ini tidak terlalu efisien, kecuali Anda adalah programmer yang dapat membuat platform blogging kustom Anda sendiri, tidak ada opsi lain untuk membuat blog.

Selama tahun-tahun awal ini, beberapa platform “blogging” yang berbeda terpangkas. LiveJournal mungkin salah satu platform yang paling dikenal pada masanya.

Dan kemudian, pada tahun 1999, platform yang nantinya menjadi Blogger dimulai oleh Evan Williams dan Meg Hourihan di Pyra Labs. Blogger-lah yang berkontribusi untuk membawa blog ke menjadi sebuah hal yang mainstream.

Blog awal dimulai sebagai buku harian online pada paruh kedua 1990-an. Individu memposting informasi setiap hari tentang kehidupan dan pendapat mereka.

Pos harian dicantumkan dalam urutan tanggal terbalik, sehingga pembaca melihat pos terbaru terlebih dahulu dan menggulir melalui pos sebelumnya. Format ini menyediakan monolog batin yang sedang dihadapi penulis.

Saat blog berevolusi, fitur interaktif ditambahkan untuk membuat percakapan dua arah.

Pembaca memanfaatkan fitur yang memungkinkan mereka meninggalkan komentar di pos blog atau tautan ke pos di blog dan situs web lain untuk melanjutkan dialog.

Pengertian, Sejarah dan Fungsi Blog

Blog Saat Ini

Seiring internet menjadi lebih sosial, blog semakin populer. Saat ini, ada lebih dari 440 juta blog dengan lebih banyak memasuki dunia blog setiap hari.

Situs microblogging Tumblr sendiri telah melaporkan 350 juta blog pada Juli 2017 menurut Statistica.com

Blog telah menjadi lebih dari sekadar buku harian online. Bahkan, blogging adalah bagian penting dari dunia online dan offline, dengan blogger populer yang mempengaruhi dunia politik, bisnis, dan masyarakat dengan kata-kata mereka.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Pengertian, Sejarah dan Fungsi Blog. Semoga bermanfaat.

 

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme