Pengertian, Sumber, dan Contoh Hukum Adat

Pengertian, Sumber, dan Contoh Hukum Adat – Indonesia adalah Negara yang beragam Suku, Agama, Budaya, dan Bahasa. Inilah yang menjadikan Indonesia unik di mata Dunia.

Setiap daerah memiliki keistimewaannya sendiri. Terdapat ciri khas yang berbeda-beda, dari segi wisata kuliner bahkan tempat wisatanya juga sangat menawan, begitupun Hukum Adat yang ada di Negara ini.

Apa itu Hukum Adat? Bagi sebagian orang tentu tidak begitu mengerti apa itu Hukum  Adat.

Padahal, ini adalah bagian penting dari masyarakat kita yang perlu kita lestarikan eksistensinya. kali ini kita akan membahas tentang Pengertian, Sumber, dan Contoh Hukum Adat.

Tepat sekali ya jika Anda menemukan artikel ini. Yuk langsung saja kita simak bersama.

Pengertian Hukum Adat

Pengertian Hukum Adat merupakan norma, aturan, atau nilai budaya yang diterapkan atau menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Apabila dilanggar akan ada sanksi yang kuat sesuai dengan ketetapan.

Hukum Adat berasal dari kata Hukum yaitu artinya “benar” dalam bahasa Belanda. Adat yaitu “kebiasaan” dalam Bahasa Arab.

Sumber Hukum Adat

Setelah mengerti apa itu Hukum Adat sebaiknya Anda juga tahu dari mana saja sumbernya Hukum Adat ini berasal. Yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

  1. Dari Sumbernya
  • Berawal dari adanya kebiasaan atau adat istiadat yang berlaku di masyarakat. Inilah yang membuatnya menjadi turun temurun hingga ke generasi sekarang.
  • Adanya kebudayaan tradisional rakyat yang dilestarikan hingga sekarang.
  • Adanya himbauan yang mengatasnamakan sebagai kebudayaan milik Indonesia.
  1. Dari Pengenalan
  • Berasal dari kata pepatah Adat yang beredar di masyarakat
  • Laporan yang berasal dari badan komisi penelitian, badan ini dibentuk khusus untuk menyebarluaskannya.
  • Berasal dari dokumen maupun naskah yang dkelkan oleh pejabat maupun Raja dan Sultan yang terdahulu.

Contoh Hukum Adat

Setelah mengerti apa itu Hukum Adat dan juga dari mana sumbernya, sebaiknya Anda juga tahu apa saja contohnya. Yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

  1. Minangkabau, contoh Hukum Adat yang diterapkan di Minangkabau adalah wanita dari Minangkabau akan mendapatkan warisan 100% dari orangtuanya. Sedangkan yang laki-laki diharuskan merantau atau mencari ilmu dan setelah itu kembali dengan menerapkan ilmu yang sudah dipelajari tersebut.
  2. Tanah Jawa, berbeda pula dengan Adat di Tanah Jawa, kebanyakan laki-lakilah yang mendapatkan warisan lebih banyak karena nantinya akan bertugas menghidupi isteri dan juga anaknya.
  3. Papua, Hukum Adat di Papua mengharuskan seseorang membayar rugi berupa ternak babi atau sejumlah uang yang besar jika mengalami kecelakaan yang menyebabkan kematian orang lain.

Nah, terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi penambah wawasan Anda untuk ke depannya. Terus pantau artikel selanjutnya ya.

Baca Juga : Pengertian Bela Negara

Updated: Januari 1, 2019 — 1:13 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme