Penyakit Pada Tanaman Jambu

  • Antraknosa

Muncul karena disebabkan oleh cendawan bernama Collectotrichum Gloesporioides Penz dimana gejala awal memperlihatkan kondisi yaitu munculnya bercak – bercak cokelat kehitaman pada permukaan daun usia tua. Menyebabkan buah mudah membusuk lalu berjatuhan dan kadang – kadang menyerang tunas – tunas muda yang mengering dan layu lalu mati.

Bisa dikendalikan dengan cara memotong atau memusnahkan bagian – bagian tanaman yang diserang oleh penyakit Tanaman Jambu ini. Lakukan penyemprotan dengan Fungisida seperti Dithan M – 45 atau berlabel Vitigran Blue sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

  • Embun Jelaga

Muncul karena disebabkan oleh penyakit yaitu berupa kutu daun yang bernama Kapang Capnodium Sp. Yang menunjukkan gejala serangan terlihat pertama kali pada bagian permukaan daun tertutup oleh lapisan yang berwarna hitam.

Dapat dikendalikan dengan cara melakukan penyemprotan dengan menggunakan Insektisida guna melenyapkan atau membunuh kutu daun yang dimaksud atau melakukan pemotongan dan pemusnahan pada bagian tanaman yang diserang oleh Embun Jelaga guna mencegah dan mengurangi penyebaran penyakit.

  • Penyakit Fisiologis

Yang dimaksudkan dengan Fisiologis dalam hal ini adalah sebuah kondisi yaitu adanya gangguan pada tanaman khususnya menyerang akar dan buah. Penyakit ini muncul karena adanya perawatan yang kurang telaten dari petani buah atau perawatan yang salah seperti proses pemupukan tanpa memperhatikan kandungan yang sesuai aturan terhadap jenis pupuk yang diberikan.

Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan akar menjadi rusak lalu memicu munculnya cendawan yang sangat merugikan tanaman. Akar tanaman mulai membusuk yang berlanjut dengan rontoknya buah dan bakal buah yang berakhir pada kematian terhadap tanaman Jambu yang dimaksud.

Bisa dikendalikan dengan cara melakukan perawatan terhadap kebun buah Jambu anda disesuaikan dengan petunjuk pada kemasan pupuk yang diberikan serta melakukan penyiraman yang rutin.

Demikian kami mengulas artikel dengan judul cara pengendalian penyakit pada Tanaman Jambu, semoga bermanfaat !

Updated: Januari 2, 2019 — 6:13 pm
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme