Perngertian dan Jenis-Jenis Birokrasi

Perngertian dan Jenis-Jenis Birokrasi –¬†Dalam lingkungan masyarakat di suatu negara, sering kita temui sebuah organisasi.

Baik yang sifatnya untuk kebutuhan swasta atau di lembaga pemerintahan. Setiap organisasi tersebut memiliki birokrasi.

Birokrasi merupakan bagian dari suatu organisasi yang memiliki manfaat pembagian tugas antara anggota yang dibedakan menjadi beberapa tingkatan, pada masing-masing tingkatan mempunyai tanggung jawab yang berbeda.

Birokrasi dapat digambarkan dalam bentuk piramida dimana bagian terbawah memiliki anggota lebih banyak dan semakin ke atas kan semakin sedikit.

Menurut ideal typhus Amerika Serikat dapat diketahui tipe-tipe birokrasi negara yang bisa dimanfaatkan sebagai pemisahan tipe birokrasi, ini dapat dibandingkan dengan birokrasi yang ada di Indonesia. Di Amerika Serikat, terdapat 4 (empat) jenis birokrasi diantaranya yaitu:

Departemen-Departemen di Dalam Kabinet (The Cabinet Departments)

Pada birokrasi terdapat perbedaan tugas dari masing-masing anggotanya, pembagian tersebut  berdasarkan wewenang dan tanggung jawab.

Contohnya departemen tenaga kerja, departemen kesehatan, departemen pendidikan, dan departemen lainnya yang masing-masing memiliki tugas untuk melakukan kebijakan yang telah ditetapkan oleh lembaga eksekutif dan yudikatif.

Agen-Agen Federal (Federal Agencies)

Agen-agen federal dapat diartikan tangan kanan dari lembaga kepresidenan. Agen ini dibentuk berdasarkan atas pilihan presiden yang sedang memerintah.

Contohnya seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Tenaga Atom Nasional (Batan).

Perusahaan-Perusahaan Federal Milik Federal (Federal Corporation)

Jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang menggabungkan antara lembaga pemerintahan dan lembaga bisnis dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Contoh di Indonesia adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Garuda Indonesia Airways (GIA), Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA), Bank Mandiri dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Agen-Agen Pengaturan Independen (Independent Regulatory Agencies).

Agen-agen pengaturan independen merupakan birokrasi yang didirikan untuk kebutuhan dalam penyelenggaraan regulasi ekonomi terhadap dunia bisnis.

Contoh birokrasi ini di Indonesia yaitu Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Pengertian Birokrasi

Updated: Januari 27, 2019 — 8:51 am
Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018 Frontier Theme